Pernah mendengar istilah mengenai artikel digital marketing? Dengan memperhatikan perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini digital marketing juga dapat dilakukan melalui artikel.
Artikel digital marketing saat ini menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif, dan sebagian besar perusahaan menerapkan strategi tersebut. Dalam pembuatan artikel itu dibutuhkan kemampuan dalam menyusun kata-kata yang baik, sehingga dapat mengkomunikasikan kepada konsumen dengan tepat. Strategi pembuatan artikel digital marketing ini dilakukan untuk platform digital seperti website, dan saat ini juga digunakan di media cetak seperti koran dan majalah.
Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai artikel digital marketing ada baiknya untuk memahami pengertian, jenis-jenis, hingga manfaat artikel digital marketing.
Pengertian Artikel Digital Marketing
Artikel digital marketing merupakan bagian dari content marketing yang disajikan dalam bentuk tulisan, lalu diterbitkan melalui media digital seperti website, media sosial, dan lainnya. Isi konten pada artikel itu berupa latar belakang perusahaan, dan produk atau jasa yang ditawarkannya. Selain itu, dijelaskan juga manfaat atau kegunaan dari produk atau jasa tersebut untuk menarik konsumen.
Di akhir paragraf artikel digital marketing, bisa mencantumkan contact person yang bisa dihubungi atau alamat resmi perusahaan. Artikel digital marketing bertujuan memperkenalkan perusahaan, baik dari produk atau jasa yang dimiliki dengan menjangkau konsumen yang lebih luas lagi, hingga dapat meningkatkan penjualan.
Jenis-Jenis Artikel Digital Marketing
Beberapa jenis artikel digital marketing yang sering ditemukan dalam dunia digital lebih menekankan pada teknik pemasaran online. Berikut terdapat beberapa diantaranya :
1. Website
Website merupakan salah satu jenis media digital yang terbukti sangat efektif. Pemilik bisnis dapat menggunakan website untuk mengiklankan produk mereka secara online.
Penjualan dapat meningkat secara signifikan dengan menggunakan website. Jika pemilik bisnis terbiasa dengan SEO dan SEM maka dapat memaksimalkan proses pemasaran.
2. Media sosial
Media sosial merupakan salah satu digital marketing yang menggunakan situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya untuk menampilkan informasi mengenai perusahaan. Teknik ini terbilang cukup mudah, terutama bagi pemula.
Dengan media sosial, perusahaan dapat menjangkau konsumen dan mendapatkan masukan atau saran dari mereka. Berdasarkan masukan tersebut, pemilik bisnis dapat memperbaiki produk dan layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
3. Blog
Blog merupakan sebuah platform online yang berisi artikel-artikel dari seluruh dunia. Jenis artikel digital marketing ini cocok untuk para pengusaha online yang ingin meningkatkan penjualan melalui media sosial dan review produk, serta personal branding.
4. Email
Melalui email, perusahaan dapat mengirimkan produknya kepada para konsumen dengan mudah dan cepat.
Pada umumnya, email digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu cara untuk mengiklankan produk atau jasa mereka. Selain itu, email juga berfungsi untuk menindaklanjuti pesanan yang dilakukan oleh konsumen.
Manfaat Artikel Digital Marketing
Artikel digital marketing memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan sebuah bisnis. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari artikel digital marketing :
1. Menghemat Uang dan Waktu
Artikel digital marketing sangat membantu dalam menghemat waktu dan uang. Dengan artikel digital marketing, pemilik bisnis dapat mempromosikan produk atau jasanya kepada banyak orang dalam waktu yang singkat.
Selain itu, digital marketing juga dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan dimana saja. Apalagi sekarang ini dengan adanya fitur koneksi internet yang sudah banyak tersedia, sehingga memudahkan konsumen untuk mengakses produk atau jasa pemilik bisnis.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Salah satu manfaat yang paling populer dari artikel digital marketing adalah meningkatkan brand awareness. Posisi produk akan dipengaruhi oleh seberapa sering artikel tersebut muncul di hasil teratas mesin pencari.
Akan lebih mudah bagi pemilik bisnis untuk menerapkan strategi digital marketing dengan menggunakan artikel SEO friendly. Konsumen akan lebih mengenal terhadap produk tersebut sehingga memudahkan keputusan pembelian.
3. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas
Jangkauan pasar dari artikel digital marketing adalah salah satu manfaat yang paling populer. Jangkauan yang diperoleh semakin luas dengan memanfaatkan fitur-fitur digital yang digunakan secara online.
Artikel digital marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas daripada menggunakan proses marketing offline, hanya dapat mengandalkan konsumen lokal.
Dengan menggunakan artikel digital marketing, dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Hal ini dapat meningkatkan proses pembelian konsumen.
4. Memudahkan Evaluasi
Artikel digital marketing memudahkan pemilik bisnis untuk mengevaluasi produk mereka. Melalui artikel, pemilik bisnis bisa mendapatkan masukan dan saran dari konsumen yang berkaitan dengan produk atau jasa mereka.
Dengan begitu, pemilik bisnis dapat memperbaiki produknya agar sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan melakukan hal ini, penjualan barang atau jasa juga dapat meningkat.